histats

Tips Biar Bisa Cinta Sama Terminal Linux

Mungkin ketika pertama kali kita denger kata OS berbasis kernel linux, itu yang muncul di pikiran yaa mungkin ribet, susah, ngeri, apalah pokoknya. Banyak banget anggapan bagi mereka yang belum kenal betulan. Tapi ketika kita mau mengenal OS yang kemudian dikenal sebagai distro ini, yakin sumpah pasti, ente bakalan ketagihan buat ngoprek ๐Ÿ˜€
Distro Linux memang selain free alias gratis juga opensource. Jadi kita sah-sah aja kalau memang pengen bongkar-bongkar dalemannya, bahkan sampe melahirkan distro baru. Source code nya pun banyak banet bertebaran di internet.
Okelah, cukup itu aja prolognya. Kali ini ane mau berbagi pengalaman. Share tips buat kamu-kamu yang mungkin baru aja migrasi dari OS jendela ke pinguin. Seperti judulnya, โ€œTips Biar Bisa Cinta Sama Terminal Linuxโ€. Haha aloy banget ya? Tapi memang bagi pengguna linux sangat tidak mungkin kita hidup tanpa bersentuhan dengan terminal, hal ini lah yan gmembuat kita mau ngga mau tetep mainan console. Nah, gimana sih caranya? Listen up!

1. Biasakan Membaca Panduan Tools

Kadang kita menggunakan beragam tools yang berjalan di terminal. Standarnya, mungkin text editor, setingna internet dan macem-macem. Terlebih bagi kalian yang mendalami duni sekuritas atau hacking, hidup kalian tidak akan jauh-jauh sama terminal dan beragam toolsnya. Kalau kita udah dapat tutorial dari internet, jangan โ€œCUMA MENGANDALKAN PERINTAH ITUโ€, karena bisa jadi tools yang kalian gunakan punya fitur yang lebih. Biasakan untuk membuka panduannya, biasanya dengan perintah man, -h, –help. Pelajari panduannya dulu, insyaAllah kita bisa mengerti lebih banyak.

2. Jangan terbiasa COPAS dari internet ke terminal

Emang sih, dengan copas semuanya akan lebih praktis dan cepet. Cuman kita melupakan unsur proses dari sebuah belajar. Cobalah mulai sekarang kalau misalny baca tutorial tuh kita ketik perinthanya keterminal, yakin ente lama-lama bakalan bisa cepet banget ngetiknya. Selain bisa cepet ngetik, perintah-perintah yang anda tulis itu akan teringat dalam memory, ngga cuma sekedar run pas ente copas ๐Ÿ˜€

3. Biasakan Beroperasi di Terminal

Misalnya ente mau ngopy file, mindah, atau apa pun itu yang sebenarnya bisa ente lakukan di GUI, cobalah buat lakuin itu diterminal. Lama-lama pasti ente lebih asik juga dengan cepetnya operasi di console.

4. Fungsi Tab

Kadang orang bilang kalau ngetik diterminal takut salah ketik trus eror. Loh? Kalau ngga gitu juga bakalan lama ngetiknya. Loh? Ini nih yang belum ngerti ada tomol tab di keyboar. Jadi misalnya kita pengen ngetik apa gitu yang panjang banget, itu kita kitak 2 atau 3 huruf aja trus kita tab bakalan auto complete. Ini kalau menurut ane sih memudahkan banget.

5. Mempercantik Tampilan Terminal

Nah, optional aja kalau yang ini. Tapi mungkin sangat berpengaruh bagi para imigran yang belum lama pindah ke pinguin. Dengan mempercantik tampilan kita bakaln punya perasaan senang ketika main di terminal, selain itu bangga juga ya kaya hacker gitu haha. Yang terpenting, ente ngga bosen di terminal.
Sementara itu dulu yah tips-tipsnya. Nanti kalo kepikiran lagi yang lain, segera ane update buat tips-tips nya. Atau ente ada tips juga? Masukin ke comment, biar nanti ane update ke posting ๐Ÿ™‚
Salam BL0Gnoters, salam pengguna pinguin ๐Ÿ™‚