Sharing tentang CyberSecurity di Lingkungan UGM oleh Pak Agung dari DSSDI

Posted on

Berurusan dengan IT di dunia kampus memang manis-manis pahit, pahit-pahit legit. Terkadang ada anggapan remeh terkait data yang dimiliki, sehingga upaya penanganan keamanan informasi menjadi sedikit lebih longgar.

Hal itu mungkin berlaku kalau yang Anda tangani adalah situs website PAUD atau Taman Kanak-Kanak, namun tidak berlaku untuk aktivitas IT di lingkungan kampus.

Pelaksanaan Sharing di Lt. 9 Kampus IV

Banyak data-data dan informasi penting yang sangat rentan dan diinginkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tidak dipungkiri karena aktivitas transaksi keuangan di lingkungan kampus yang lumayan besar dan intensif.

Bayangkan saja, di UGM, mahasiswa sekitar kurang lebih 55 ribu, sederhanakan saja misalnya tiap mahasiswa membayar 10juta per semester. Berpaa hasilnya? Banyak.

Karena itulah, banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba untuk mencuri informasi dan atau mencari keuntungan dengan merugikan mahasiswa, dosen karyawan, atau pihak kampus.

Di tempat saya bekerja sendiri, yaitu di UAD, banyak aktivitas phising yang menjebak mahasiswa untuk membayar sejumlah uang dengan mengaku sebagai pihak kampus, melalui SMS dan email. Hal ini sudah seperti permasalahan yang klasik.

Bidang-bidang

Bicara teknologi informasi tentunya banyak sekali bidang yang terkait. DI kantor saya misalnya, ada Bidang Net-Kom yang berorientasi pada jaringan dan semacamnya, bidang Sistem Informasi dan Bidang Web dan Sosial Media.

Ya, boleh dikata cukup, meski mungkin sebagian aktivitas belum dapat ditangani dengan baik.

Di UGM, kurang lebih sama, hanya saja untuk penamaanya tidak sama persis.

Keamanan di setiap sisi

Sebenarnya banyak sekali yang dibahas sedari pagi tadi, hanya saja, pada intinnya adalah membahas kemanaan informasi, penanganan crowdit dan beberapa hal mendasar terkait cybersecurity yang diterapkan di UGM.

Tentu tidak dapat saya sampaikan semuanya di postingan ini, karena boleh jadi ada beberapa hal yang sifatnya private dan tidak mungkin untuk di publish. Misalnya kaya informasi terkait skema dan desain sistem informasi dan database, ngeri kan? hehe.

Okelah, ndak mau nulis banyak-banyak karena memang tidak bisa disampaikan secara detail ditulisan ini. Mungkin suatu saat bakalan saya rangkum tentang penerapan keamanan seperti apa yang sebaiknya diterapkan di lingkungan akademik di Channel Youtube saya.

Yang ini, selain menjadi catatan atau logs saya pribadi, ya semoga ada hal yang memberikan manfaat untuk yang lain juga. 🙂