histats

Mengontrol Keinginan

Seandainya setiap yang kita inginkan itu akan terkabul, sepertinya dunia akan hancur. Kenapa? Karena keinginan kita terlalu berlebihan, dan seringkali tak peduli dengan hal yang lain, yang boleh jadi lebih berarti.

Seandainya setiap yang kita inginkan itu akan terkabul, sepertinya manusia akan punah. Kenapa? Karena keinginan yang saling berbenturan, mengharuskan sebagian diantara keinginan sebagian yang lain menjadi tumbal yang harus terpaksa binasa.

Seandainya setiap apa yang kita inginkan itu terkabul, sepertinya…. ah, sepertinya itu jauh dari keadaan yang sebenarnya. Mungkin, dengan menyadari hal ini kita menjadi lebih bisa bersyukur.

Itu mungkin salah satu alasan, Allah tidak selalu memberi apa yang menjadi ingin dan ambisi kita. Namun, hidup kita masih berlangsung sampai sekarang ini, menjadi pertanda bahwa Allah tak menghiraukan apa yang menjadi kebutuhan kita.

Ya, Allah selalu menncukupkan apa yang kita butuhkan.

Kita kadang mengeluh, karena tak tercapainya hasrat. Namun, sudah pasti dibalik semua itu ada hikmah yang telah Allah rencanakan.

Boleh jadi apa yang kita anggal buruk, itu adalah yang baik untuk kita. Dan boleh jadi sebaliknya. Bukankah Allah Maha Tahu, sedang kita tidak? Begitu kan firmanNya?

Kita seharusnya bersyukur, begitu banyak nikmat yg telah diberikan. Dan kita seharusnya bisa menjadi lebih bijak, dalam menentukan apa yang menjadi keinginan yang harus, dan apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan kita.