Kerja dari rumah, biasa gak biasa sih

Corona attack mau ndak mau membuat kita semua membatasi aktifitas diluar rumah, menghindari berkegiatan di keramaian dan lebih menjaga kebersihan. Beberapa perusahaan dan instansi juga membuat mekanisme kerja dari rumah atau work from home sebagai upaya untuk mengurangi penularan virus yang satu ini.

Di kantor saya juga gitu, kebetulan karena kantor tempat bekerja saya saat ini merupakan sebuah instansi pendidikan, sesuai instruksi pimpinan untuk bekerja dirumah sampai dengan 29 Mei besok. Wah, lumayan lama juga. Kurang lebih sampai habis lebaran lah ya.

Memang, ada enaknya bekerja dari rumah, namun ada ga minusnya juga. Ya namun meskipun demikian setidaknya ini adalah salah satu upaya terbaik untuk mengurangi aktifitas kita diluar rumah atau ditempat umum.

Sebagai seorang programmer, kerja dirumah sebenarnya bukan hal baru. Kita uda terbiasa kan ya ngerjain project-project dirumah, saya sendiri sebelum kerja dikantor juga freelance kerjain project dirumah atau dikosan.

Tetapi untuk kali ini kan sedikit berbeda, karena tidak semua yang work from home itu adalah seperti kita yang setiap kerjaanya bisa dilakukan dirumah.

Untuk stay at home menurutku banyakan programmer juga biasa. Saya juga jarang kok pergi pergi ke tempat umum, bahkan sebelum pandemi ini. Untuk hibernasi dirumah sepertinya uda menjadi makanan sehari-hari.

Tapi untuk orang yang biasanya beraktifitas diluar rumah,mungkin kebijakan stay at home juga bikin stres. Harus bener-bener bisa atur strategi agar gak boring dirumah.

Karena biasanya ngerjain dikosan, kali ini untuk ngerjain something di rumah juga agak bingung. Bukan karena apa-apa, dirumah bareng keluarga membuat saya tetep memprioritaskan keluarga.

Ya, keluarga memaklumi aktifitas pekerjaan saya, tetapi kan gak elok kalo misalnya lagi minum teh bareng keluarga terus tiba-tiba ada diskusi di grup yang membuat kita sibuk dengan gawai.

Karena itu, harus pandai-pandai. Kita juga perlu ngatur set up ruang kerja kita dirumah. Entah itu dikamar, atau ada tempat khusus, intinya supaya kita bisa tetep kerja dengan fokus tanpa terganggu ponakan yang ngerengek mau mainan laptop haha.

Yep, gitu aja, semoga semuanaya lancar. Pandeminya semoga segera berakhir dan aktifitas semua bisa kembali normal. Stay safe everyone!