Forever, Production Process Manager Alternatif PM2

Posted on

Untuk para programmer node js mungkin seharusnya sudah tidak asing lagi dengan PM2, salah satu process manager yang digunakan di server production untuk project-project node. Nah, ternyata proses manajer itu tidak hanya ada itu aja, ada juga yang namanya Forever, dan kebetulan saya sedang dalam sebuah case dipertemukan dan menggunakannya.

Sebagaimana halnya PM2, tujuan saya menggunakan Forever ini ya sama, mirip-mirip nama nya juga, forever, maksudnya adalah saya ingin agar project node yang saya run bisa berjalan secara continues pada server production dan tidak mati atau berhenti ketika ada interupt misalnya ketika kita harus keluar dari ssh server tersebut.

Biasanya kalau kita di lokal pas develop, kan kita run projectnya misalnya dengan command : npm run start:dev, atau serve, nah ketika di server production, kan ga mungkin kita remote via ssh terus kita pantengin terus tuh.

Kita juga kudu exit dan beraktifitas lainya, sementara aplikasi kita harus tetap berjalan. Saya sendiri memiliki aplikasi based node ini yang berjalan setiap hari karena bentuknya model menerima laporan menggunakan whatsapp js, sehingga harus on terus dalam 24/7.

Kenapa beralih? Sebenernya bukan ada niatan sengaja pengen beralih. Saya memang sudah lama menggunakan PM2 untuk proses managementnya, hanya selepas update gak tau axios nya error tidak mau jalan di PM2. Padahal di saat run manual bisa bisa aja.

Kira-kira seperti itulah. Nah, sudah tak coba googling sana sini belum menemukan jawaban yang sesuai. Sudah tak coba untuk downgrade dan coba beberapa versi sebelumnya untuk axiosnya, tetep aja gabisa jalan. Tapi herannya, hal itu hanya terjadi pas di PM2.

Baca juga  Cara membuat autocomplete Select2 dengan Ajax

Jadi secara aplikasinya berjalan hanya tidak berjalan, di PM2 seperti running, tapi pas cek logs nya ada error itu, dan aplikasinya ga jalan.

Yawis, nyari-nyari nemu ini Forever, lalu tak coba, lah kok bisa. Prinsip ngoding masih inget? When its done, its done, dont touch it awokwokwo.

Jadi ya biarlah, yang penting secara aplikasi bisa berjalan sebagaimana mestinya, sambil terus saya monitor. Sekian kaka.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments