Cara menginstall Mendeley Desktop di Linux

Mendeley merupakan software reference manager yang sering digunakan oleh para peneliti dan akademisi. Dengan menggunakan mendeley, Anda tidak perlu repot dalam mengelola sitasi terhadap penelitian-penelitian sebelumnya dan tidak perlu repot untuk membuat daftar pustaka karena Mendeley menyediakannya secara otomatis.

Apakah mendeley tersedia untuk Linux?

Ya, Mendeley menyediakan software berbasis Windows, Mac dan Linux. Dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan Wine untuk menggunakan Mendeley versi desktop.

Cara install Mendeley di Linux

1. Download Mendeley dari situs resminya

Hal yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengunduh installer Mendeley Desktop dari situs resminya, anda dapat mengunduhnya disini.

Tampilan dari halaman download Mendeley seperti dibawah ini:

Dari gambar diatas, Anda dapat melihat Mendeley menyediakan berbagai format installer yang dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi. Termasuk Linux.

Silahkan download sesuai dengan spesifikasi sistem operasi Linux Anda. Jika OS anda menggunakan os versi 32 bit, download yang versi 32 bit, jika 64 bit download yang versi 64 bit.

Untuk Anda yang menggunakan Distro Linux berbasis debian (seperti ubuntu, elementary, xubuntu, kubuntu dan sebagainya) Anda dapat mengunduh file installer bertipe .deb (pada gambar sebelah kanan).

Jika Anda menggunakan distro selain debian based, misalnya Arch atau yang lain, ada dapat menggunakan versi generic linux. Pada tulisan ini saya menggunakan versi .deb, karena saya menggunakan distro Xubuntu yang merupakan debian based.

2. Instalasi Mendeley di Linux

Setelah Anda berhasil mengunduh file .deb yang merupakan installernya, Anda dapat menginstallnya dengan masuk ke teriminal dan arahkan pointer pada folder yang sama dengan dimana file tersebut berada. Kemudian jalankan perintah:

$sudo dpkg -i mendeley-desktop-xxxxx-.deb

Sesuaikan mendeley… dengan versi yang Anda unduh, atau diterminal tinggal ditekan tab pada keyboard.

Ikuti petunjuk yang muncul, setelah itu installasi berhasil dan Anda dapat menggunakan Mendeley versi dekstop dengan login terlebih dahulu.