cache codeigniter 4

Cara menggunakan dan menghapus cache di CodeIgniter 4?

Posted on

Sebelum kamu kesini, mungkin kamu sudah mencari tentang cara membuat dan menghapus cache di CodeIgniter 4 di situs lain dan ternyata tidak berhasil. Ya, karena memang kebanyakan yang masih beredar untuk topik ini per detik saya menulis ini adalah script untuk CodeIgniter 3, bukan 4.

cache codeigniter 4

Apa itu cache?

Perlu dipahami terlebih dulu, apa itu cache supaya kita tidak salah paham dalam mengartikan. Dari Wikipedia, cache diartikan sebagai:

Tembolok atau memori singgahan adalah komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani lebih cepat; data yang disimpan dalam mungkin merupakan hasil dari penghitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain.

Saya sendiri jika membahas cache, cara gampangnya adalah seperti tandon air. Jadi, cache itu seperti tandon air atau bak air yang ada dirumah kita. Jadi, intinya ketika kita membutuhkan air kita tidak perlu pergi ke mata airnya langsung atau ke PDAM, karena kita sudah punya tandon air yang isinya air.

Dengan begitu akan lebih hemat waktu. Cara kerja cache juga seperti itu, jika di web dinamis, mungkin akan banyak sekali proses yang terjadi dalam satu kali meload halaman website. Dengan adanya cache, proses itu hanya dibutuhkan sekali sewaktu kita menggenerate cachenya, setelah itu ketika ada request memanggil data tersebut akan langsung memanggil cache-nya.

Bisa dipahami? Bedanya, jika tandon air itu bisa habis karena setiap diambil kan berkurang, jika cache tidak. Kita tidak perlu kuatir cache akan habis, hanya saja dia bisa expired dan diperbarui.

Baca juga  HMVC di CodeIgniter 4, sudah ada tinggal pakai

Kenapa cache perlu diperbarui?

Hal ini penting, karena saat kita dilayani oleh cache, itu artinya kita dilayani seperti oleh halaman statis, sehingga kita tidak mendapat perubahan data yang terbaru.

Saat kita membuat cache, kita bisa menentukan batas waktu kapan cache akan direfresh atau diperbarui. Sampai saat itu tiba, halaman tidak akan ada perubahan kecuali ada trigger yang memaksanya.

Cara membuat webpage cache di CodeIgniter 4

Untuk mengaktifkan caching di CI4, kita bisa menggunakan script

$this->cachePage($n);

dimana $n adalah jumlah dalam detik cache akan disimpan. Sampai batas waktu yang diberikan tersebut, cache akan direfresh kembali.

Kita bisa menempatkan script tersebut diberbagai tempat yang kita inginkan, misalnya di controller, di function atau di base controller, sesuai dengan yang kita butuhkan.

Dengan demikian kita bisa juga mengcustomisasi waktu refresh caching sesuai dengan kebutuhan kita.

Rekomendasi waktu cache

Jumlah terbaik yang harus ada inputkan adalah tergantung pada jenis halamanya. Jika halaman tersebut adalah halaman yang sifatnya statis, jarang ada perubahan, seperti about, home, atau term of services, kita bisa mengaturnya menjadi bulanan, sebulan, atau bahkan setahun.

Namun, jika halaman tersebut updatenya rutin seperti blog misalnya, kita bisa mengatur harian, atau per setengah hari. Dengan demikian, kita sudah menghemat banyak waktu pengunjung situs kita, membuatnya nyaman dan menghemat resource server kita sekaligus.

Menghapus Cache

Ada kala kita ingin memperbarui tampilan dan melihatnya langsung, tapi ternyata tidak bisa karena masih terkendala caching. Di CI 3, kita bisa menghapusnya langsung dengan script atau trigger tertentu.

Di CI 4, (yang kita bahas adalah webpage caching), jika kita ingin menghapusnya kita bisa menghapus tag atau script tadi dan sampai pada waktu refreshnya berakhir, cache tidak akan diperbarui.

Baca juga  CodeIgniter 4 Jquery Ajax File Upload

Misalnya, kita memberikan waktu cache 5 detik. Setelah 5 detik berakhir jika scriptnya sudah dihapus maka tidak akan diperbarui lagi.

Menghapus script atau tag tadi tidak akan serta merta menghapus cache, jika kita memang ingin memperbarui saat ini juga, kita bisa menghapusnya secara manual. Bagaimana caranya?

Jika teman-teman tidak mengubah config di app/config/cache.php, maka berarti cache masih seperti default disimpan dalam bentuk file di folder writable/cache/.

Kita bisa menghapusnya langsung isi dari folder tersebut, dan refresh halaman maka cache akan dipaksa untuk diperbarui karena tidak menemukan file cachenya.

Demikian sharing seputar web caching dengan CodeIgniter 4, jangan lupa untuk terus belajar, semoga bermanfaat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments