Cara mengatasi mailer daemon error 550 Your country is not allowed to connect to this server.

Tidak ada angin tidak ada hujan kemarin ada salah seorang pengguna yang tiba-tiba ngabari lewat WA kalau email yang kita miliki gagal dikirimi pesan dari gmail. Dari penampakannya, tertulis email not found dan 550 Your country is not allowed to connect to this server.

Error semacam ini sebenernya umumnya mengidikasikan ada problem di bagian penerima email, atau kitanya. Entah ada konfig yang membuat email pengirim terblok, atau spam protection, atau firewall, intinya email yang dikirim tidak bisa sampai kepada penerima, dimana penerima itu adalah kami dalam hal ini.

Padahal tidak ada konfig yang berubah dan semula semuanya normal-normal saja. Sebagai gambaran, mailserver kami menggunakan mailserver WHM-Cpanel yang digunakan untuk berbagai macam keperluan kantor. Penampakan errornya kurang lebih seperti ini:

Katanya laporan kok itu email nama sampeyan Mas? Iya, jadi awalnya tak kira cuma satu email aja. Tapi ternyata setelah tak coba dengan beberapa email, ternyata semua email terkena dampaknya, dan ini hanya email yang masuk. Jadi, email keluar bisa, email masuk dari sesama bisa, tapi email masuk dari gmail tidak bisa.

Solusi 550 Your country is not allowed to connect to this server

Pada kasus saya, ternyata ada hal sepele yang berdampak sangat besar. Padahal tidak ada yang ngaku ngubah konfigurasi, tapi ada konfigurasi yang berubah. Oke, langsung saja:

Pada kasus saya, di halaman ini hanya ada 4 negara yang terallowed padahal mungkin gmail kan servernya dari mane-mane ya, dan mitra kerja kami yang dari luar negeri juga ada. Saya tidak tahu siapa yang ngubah konfignya, ataukah dari spam protection, tapi setelah saya allow semuanya, email kembali berjalna dengan lancar dan error kirim pesan dari gmail nya bisa teratasi.