Cara install Windows setelah install Linux

Posted on

Menggunakan Windows atau Linux? Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Bagi beberapa orang, menginstall keduanya juga merupakan pilihan yang menarik, atau dalam dunia IT dikenal dengan istilah dual-boot.

Untuk membuat dualboot ketika Windows sudah terinstall diawal adalah hal yang mudah. Karena kita tinggal menyiapkan space kosong dan swap (tidak wajib), dan kemudian melakukan installasi Linux ke drive kosong tersebut.

Namun, bagaimana jika kita ingin membuat dual-boot Windows dengan Linux, sementara saat ini di perangkat kita sudah terinstall Linux? Berikut ini point-point penting yang perlu teman-teman perhatikan.

Cara install Windows setelah Linux

1. Siapkan partisi kosong (Min. 20GB)

Yang pertama harus teman-teman lakukan adalah menyiapkan partisi kosong paling tidak sekitar 20 GB.

Teman-teman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan teman-teman di Windows, kalau memang nanti bakalan menginstall banyak aplikasi, dan akan menggunakan partisi itu juga untuk menginstall silahkan diberi space lebih.

Kalau saya sendiri biasanya memberikan partisi Windows sekitar 80-100GB. Emang banyak sih, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk melakukan tahap ini, ada banyak sekali cara. Teman-teman bisa menggunakan Gparted sebagai solusi yang paling mudah.

2. Booting dengan Windows Installer kalian, dan arahkan ke drive kosong baru, install seperti biasa

Jika kita sudah menyiapkan partisi kosongnya, silahkan install Windows sepreti biasa. Hal ini diharapkan tidak merusak partisi yang digunakan untuk sistem dan data di Linux.

Oiya, jangan lupa untuk memastikan tipe partisi yang kamu gunakan adalah NTFS atau FAT32, saya sarankan NTFS. Kalau belum, di format dulu, dibuat partisi baru pas sekalian install Windows.

Ini penting, karena memang tipe partisi di Windows dan Linux itu berbeda.

3. Re-install Grub

Ini yang menjadi pembeda, jika kita ingin membuat dual-boot dengan kondisi Windows dulu atau Linux dulu. Kenapa? Karena kalau kita menginstall Linux dulu, kemudian Windows, boot otomatis akan mengarah ke Windows, dan nda membaca loader yang sudah terinstall pas kita install Linux sebelumnya.

Cara yang paling gampang adalah kita menginstall grub lagi dengan menggunakan USB installer dari distro yang kita gunakan.

Mungkin demikian point-point cara gimana kita harus menginstall Windows setelah kita menginstall Linux. Mohon maaf, untuk tulisan ini memang tidak terlalu detail. Akan saya update berkala ketika ada waktu. Semoga bermanfaat.

Terkahir update: 13 Juli 2019