5 Distro Linux dengan jaminan keamanan privasi terbaik di 2020

Banyak sekali distro Linux yang beredar dengan kekhasannya masing-masing. Setiap distro selalu memiliki sesuatu yang unik yang ditawarkan agar dapat menunjang kebutuhan penggunanya. Salah satu yang tak kalah penting selain kebutuhan umum, adalah kebutuhan terkait dengan keamanan data atau privasi.

Ada banyak distro yang mengunggulkan aspek penetration testing, namun tak semuanya memahami konsep privasi. Jadi, berikut adalah 5 distro yang memiliki kemanan privasi yang baik yang dapat direkomendasikan.

1. Qube OS

Qubes OS adalah sistem operasi desktop yang berfokus pada keamanan yang bertujuan untuk menyediakan keamanan melalui isolasi. Virtualisasi dilakukan oleh Xen, dan lingkungan pengguna dapat didasarkan pada Fedora, Debian, Whonix, dan Microsoft Windows, di antara sistem operasi lainnya.

“If you’re serious about security, Qubes OS is the best OS available today. It’s what I use, and free.”

Edward Snowden

2. Tails OS

Tails atau Amnesic Incognito Live System adalah distribusi Linux berbasis Debian yang berfokus pada keamanan yang bertujuan untuk menjaga privasi dan anonimitas.

3. Whonix OS

Whonix adalah distribusi Linux yang berfokus pada keamanan berbasis GNU / Linux berbasis Debian. Whonix bertujuan untuk memberikan privasi, keamanan, dan anonimitas di internet. Sistem operasi terdiri dari dua mesin virtual, “Workstation” dan Tor “Gateway”, yang menjalankan Debian GNU / Linux.

4. Parrot OS

Untuk distro yang satu ini mungkin teman-teman sudah banyak yang kenal, ya karena memang di Indonesia lumayan banyak penggunanya selain Kali Linux. Namun, tahukah teman-teman kalau Parrot tidak sekedar memberikan tools pentest saja, melainkan juga menjaga keamanan privasi teman-teman?

Parrot OS, produk andalan Parrot Security adalah distribusi GNU / Linux berdasarkan Debian dan dirancang dengan mempertimbangkan Keamanan dan Privasi.

5. Discreete OS

Discreete Linux adalah sistem operasi dengan tujuan khusus melindungi data (lebih tepatnya: orang) terhadap serangan pengawasan dengan perangkat lunak trojan.

Penutup

Diluar kelima OS tersebut tentu saja saya yakin masih banyak sekali OS yang menjaga keamnaan privasi penggunanya. Namun, tentunya tak bisa disebutkan semuanya karena terlalu banyaknya pengembang distro linux yang melahirkan karya-karya terbaiknya.

Bijaknya, kita sebagai pengguna dapat mensupport dengan berbagai macam cara yang kita bisa, misalnya dengan membagikan informasi ini mungkin?