HMVC CodeIgniter 4

HMVC di CodeIgniter 4, sudah ada tinggal pakai

Posted on

Untuk kita yang biasa mengerjakan aplikasi yang agak besar dan butuh manajemen pengembangan yang lebih rapi, apalagi pengerjaan bareng-bareng sama tim gitu, mungkin model HMVC bisa dijadikan alternatif.

HMVC atau Hierarchycal Model View Controller sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan MVC pada CI bawaan. Yang menjadi pembeda, setiap module dipisahkan foldernya, kemudian didalam folder-folder tersebut memiliki MVC nya masing-masing.

Dengan model pengembangan seperti diatas, kita akan lebih mudah melakukan maintenance dan pemisahan setiap modulnya. Mudah dicari, tidak saling mengganggu antar module, setiap pengembang dalam tim dapat mengerjakan masing-masing tugasnya. Menariklah.

HMVC di CodeIgniter 4

Di CI 3 biasanya kalau kita ingin mengadopsi model HMVC kita harus menambahkan tambahan library untuk mengaturnya. Berbeda dengan CI3, di CI 4 hal tersebut sudah dapat dilakukan secara default, hanya tinggal menambahkan beberapa pengaturan saja. Caranya adalah dengan memanfaatkan Code Modules.

Lebih jelas tenang penggunaan Code Modules dapat dibaca secara langsung pada dokumentasi CodeIgniter 4, pada intinya penggunaanya tidak sulit dan sangat mudah.

Panduan Code Modules CI 4

Baca juga  How to perform insert batch in CodeIgniter 4
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments