histats

Mulai melangkah di Indonesia Android Kejar Batch #3 – Beginner Level

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Yep, akhirnya kerisauan jiwa yang beberapa pekan terakhir saya rasakan terjawab. Android. Begitu menarik, namun begitu pelik, seperti momok yang cantik, namun menakutkan dan susah dimengerti, wajar saja, java sebagai bahasa dasarnya mau ndak mau kudu dipelajari, padahal sejak jaman kuliah ndak terlalu suka sama bahasa yang satu ini.

Sebelumnya saya juga sempat menulis cerita, kalau merasa sulit mau belajar Android. Kali ini akhirnya terjawab, Indonesia Android Kejar. Bermula dapet info share-share-an tentang IAK Batch 3 yang bakal digelar dibulan ini, rasanya kok tertarik untuk ikut belajar. Dulu, sebenarnya waktu ada IAK temen-temen sudah pada ikutan, cuma saya mau belajar itu ndak terlalu suka, waktu itu lebih seneng nguprek Linux sama Web, tapi kok semakin kesini serasa kebutuhan ngoding Android itu tak terelakan, sementara untuk memahami konsep nya saja ndak mudah, akhirnya saya putuskan untuk ikut daftar di study group ini.

Beginner Level, Noob level, kelasnya pemula. Ndak muluk-muluk dulu lah buat starting point, namanya juga baru belajar. Sebenarnya sebelumnya uda belajar sedikit-sedikit cuma dari tutorial sama Udacity, tapi tetep aja ndak ngeh apa maksudnya. Karena itu, saya tetep niat ingsun ngikut yang Beginner Level.

Awalnya daftar kelas beginer tanggal 18-19 di kampus UPN Veteran Babarsari, Jogja. Namun, ternyata ditanggal 17-19 kantor ada Study Bandung eh Study Banding ke Surabaya. Sempet mikir juga, ah masa iya ndak jadi belajar Android lagi. Hmm kemudian saya buka lagi mentoring page dari link yang sebelumnya di share ke email, dan iseng-iseng nyari jadwal, dapatlah kelas Beginner di EDS UGM bareng mentornya Mas Manggala Wiryawan, beliau programmer Android yang sekarang juga sedang menempuh program pasca sarjana di UGM.

Jadi, kali ini saya akan sedikit kasih cerita apa saja yang dipelajari di tanggal 11 dan 12 November ini bareng IAK di EDS UGM. Saya menulis logs ini tanggal 13 jam 01.40, jadi masih anget banget.

DAY 1

Hari pertama kemarin sengaja absen ngantor buat ikut kelas ini. Yaa, dapet kenalan-kenaan baru gitu lah. Awalnya kelas dimulai oleh Mas Manggala dan present sedikit introduction tentang Android Development, mulai dari versi-versinya (kalau ini sih awam jg tau yak), lalu layouting, view group, dsb lah.

Kemudian kita mulai buka Android Studio dan belajar layout atau bikin views di Android Studio dengan xml. Sebelumnya saya juga uda install ini apps di Xubuntu saya, dan karena ini Android Studio versi 3, Mas Manggala juga sempat di sela-sela pembelajaran kasih tau bedanya sama versi-versi yang sebelumnya.

Yep, day 1 ngoding tampilan, Bikin View Login, view Register dan sedikit Java Class buat jalaninnya.

DAY 2

Hari kedua saya meluncur agak pagian dari Magelang, karena sebelumnya tak putuskan buat mudik, kangen mbok’e pak’e hehe. Then, sampai sana pas jam 9, langsung say helo sama temen-temen baru dan masuk Ruang Aquarium di EDS UGM. Hari kedua kita belajar pura-puranya membuat logic gimana biar Apps nya berfungsi. Lho, kok pura-puranya? Iya, karena memang baru belajar tampilan jadi belum make database dan apalagi service2 semacam itu. Inget, ini kelas beginner wkkw.

Yaa emang kaya gitu, mungkin buat kalian yang uda biasa sama Android baca postingan ini bakalan heha hehe, but gapapa, ini baru sampai depan pintu gerbang, belum juga Masuk Rumah si Android. Kedepan, saya bakal belajar lebih giat pokok e, masa ngga bisa wkkw. Kapan-kapan tak tulis deh, biar ada logs belajarnya. Temen-temen yang uda jago juga boleh banget kalau mau ajarin hehe.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh