Kenapa ASP.Net Core adalah pilihan terbaik untuk membangun aplikasi web enterprise?

ASP.NET Core merupakan framework cross-platform dan open source yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membangun aplikasi yang modern, cloud-based, dan aplikasi enterprise yang saling terkait. Jika kita melihat website-website orang luar negeri, mungkin bisa kita lihat sekilas dari path url nya kalau mereka menggunakan ASP, terutama pada website-website enterprise. Lalu mengapa mereka menggunakan ASP.Net?

Di Indonesia mungkin secara sekilas bisa kita lihat penggunaan bahasa pemrograman PHP mendominasi, mungkin juga di luar negeri. Namun, di Indonesia menurut saya bisa kita lihat lebih jelas, karena berada disekitar kita.

Untuk membangun aplikasi web, saya sendiri sering menggunakan CodeIgniter yang merupakan salah satu framework berbahasa PHP. Selain CodeIgniter banyak juga orang Indonesia yang menggunakan Laravel, atau bahkan menggunakan PHP native tanpa framework dalam membangun aplikasinya.

Saya sendiri tidak biasa menggunakan ASP, meskipun penasaran tapi entah mengapa baru dilihat saja emang sudah kerasa terlalu keren sehingga bikin minder. Tapi jangan khawatir, kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang ASP dan mencari tau, kenapa ASP.Net sering digadang-gadang sebagai pilihan terbaik untuk membangun aplikasi web enterprise.

Performa ASP.NET Core sangat jauh lebih superior dari pada kompetitor yang lain. Setidaknya itu menurut Kenneth Y. Fukizi, salah satu penulis buku tentang ASP yang bisa teman-teman temukan di Packt book. Dia lebih memiliih untuk menggunakan ASP.Net Core untuk membangun aplikasi web enterprise karena fleksibilitas yang didapatkan dengan menggunakannya. Bahkan dia sendiri terkesan dengan hal tersebut.

.Net 5 dikatakan lebih memiliki interoperabilitas dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain. Apalagi ASP ini juga merupakan aplikasi open source, ini sangat jarang kalau kita bicara Microsoft, yang di benak kita pasti aplikasi-aplikasi premium yang berbasar seperti Windows, Office dan semacamnya.

Kenapa ASP.NET Core adalah pilihan terbaik untuk pengembangan aplikasi web?

Tentu saya sendiri juga penasaran, ada apa, kenapa kok .Net core digadang-gadang sebagai pilihan terbaik berbagai kebeutuhan pengembangan aplikasi, apa yang dimilikinya? Performanya? Apa keuntungan menggunakan ASP.Net?

Dengan menggunakan ASP.Net Core kita dipaksa untuk meningkatkan performa aplikasi web kita. Mungkin kita semua tau, dengan menggunakan ASP.Net berarti kita harus menggunakan pemrograman asynchronous, yang berarti dari sisi kecepatannya tentu akan sangat berbeda jauh dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, dengan demikian pengguna akan merasa lebih nyaman, karena dimanjakan dengan kecepatan, dan keinteraktifan aplikasi web kita.

Dengan menggunakan ASP.Net akan sangat bagus proses pengolahan query-query database, pemanggilan api web service, operasi IO dan lainnya yang berarti dapat menghemat daya atau resource dan mempercepat load time.

Dalam pengembangan aplikasi menggunakan ASP.Net pun sangat nyaman bagi kalangan programmer (katanya), karena menggunakan teknologi gabungan dari MVC dan WebAPI. Dengan desain yang bagus, menggunakan preload library pihak ketiga, dan lainnya akan menghasilkan kecepatan dan performa yang sangat baik.

Ini baru bicara dari sisi framework tersebut, dalam penggunaannya kita masih bisa memberikan bumbu-bumbu tambahan seperti menggunakan cache atau teknik-teknik yang lain untuk meningkatkan performa aplikasi web.

Dalam mengembangkan aplikasi berbasis ASP.Net pun kita tidak harus terus menggunakan Windows, banyak tools yang bisa kita gunakan untuk mengembangkannya dalam perangkat MAC, Windows bahkan di Linux juga bisa.

Mungkin kita belum terlalu paham, namun secara gamblang memang dari sisi teknologi dengan menggunakan ASP seharusnya kita mendapatkan performa yang jauh lebih baik.

Dalam pengalaman saya sendiri dalam membangun aplikasi web di kantor atau di project-project personal, seringkali saya malas untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi asynchronous, meskipun kadang-kadang iya. Ya karena rumit dan butuh effort yang lebih.

Kita harus benar-benar memperhatikan sisi pengembangan sedari awal, dan optimasi server yang maksimal jika ingin mendapatkan performa yang baik. Karena saya juga pernah mengalami, ketika saya tidak mengimplementasikannya, jika kita mengeload data yang sedikit lebih banyak saja rasanya sudah begitu berat.

Baik mungkin sementara postingan hari ini sampai disini. Kita lanjutkan lagi pembahasan mengenai ASP.Net kapan-kapan setelah saya mencoba dan akan pamer ke teman-teman sekalian tentang pengalaman saya. Semoga memberikan manfaat.