Panduan React Native Bahasa Indonesia
Panduan React Native Bahasa Indonesia

Cara menginstall React Native dengan EXPO

Posted on

Dengan asumsi bahwa Anda memiliki Node 10+ yang diinstal, Anda dapat menggunakan npm untuk menginstal utilitas baris perintah Expo CLI:

Kemudian jalankan perintah berikut untuk membuat proyek React Native baru yang disebut “AwesomeProject”:

Kode diatas akan memulai server pengembangan untuk Anda.

Menjalankan aplikasi React Native Anda

Instal aplikasi klien Expo di ponsel iOS atau Android Anda dan sambungkan ke jaringan nirkabel yang sama dengan komputer Anda. Di Android, gunakan aplikasi Expo untuk memindai kode QR dari terminal Anda untuk membuka proyek Anda. Di iOS, ikuti instruksi di layar untuk mendapatkan tautan.

Memodifikasi aplikasi Anda

Sekarang Anda telah berhasil menjalankan aplikasi, mari kita memodifikasinya. Buka App.js di editor teks pilihan Anda dan edit beberapa baris. Aplikasi harus dimuat ulang secara otomatis setelah Anda menyimpan perubahan Anda.

Mantabbb!

Selamat! Anda telah berhasil menjalankan dan memodifikasi aplikasi React Native pertama Anda.

Sumber: React Native Page

Lalu, sekarang apa yang harus dilakukan?

Expo juga memiliki dokumetasi yang dapat Anda rujuk jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kebingungan bagaimana menggunakannya. Anda juga dapat meminta bantuan di forum Expo .

Alat-alat ini membantu Anda memulai dengan cepat, tetapi sebelum berkomitmen untuk membangun aplikasi Anda dengan Expo CLI, baca tentang batasannya .

Jika Anda memiliki masalah dengan Expo, sebelum membuat masalah baru, silakan lihat apakah ada masalah yang ada tentangnya:

  • dalam masalah Expo CLI (untuk masalah yang terkait dengan Expo CLI), atau
  • dalam masalah Expo (untuk masalah tentang klien Expo atau SDK).

Jika Anda penasaran untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bereaksi Asli, lanjutkan ke Tutorial .

Menjalankan aplikasi Anda di simulator atau perangkat virtual

Dengan Expo CLI, untuk menjalankan aplikasi React Native Anda pada perangkat fisik tanpa mengatur lingkungan pengembangan adalah hal yang mudah. Jika Anda ingin menjalankan aplikasi Anda di iOS Simulator atau Perangkat Virtual Android, silakan lihat instruksi untuk “Menginstall React Native dengan CLI” untuk mempelajari cara menginstal Xcode atau mengatur lingkungan pengembangan Android Anda.

Setelah Anda mengatur ini, Anda dapat menjalankan aplikasi Anda di Android Virtual Device dengan menjalankan npm run android , atau di iOS Simulator dengan menjalankan npm run ios (khusus macOS).

Peringatan

Karena Anda tidak membuat kode asli saat menggunakan Expo untuk membuat proyek, tidak mungkin untuk menyertakan modul asli khusus di luar React Native APIs dan komponen yang tersedia di aplikasi klien Expo.

Jika Anda tahu bahwa pada akhirnya Anda harus memasukkan kode asli Anda sendiri, Expo masih merupakan cara yang baik untuk memulai. Dalam hal ini, Anda hanya perlu ” meng-eject ” akhirnya untuk membuat bangunan asli Anda sendiri. Jika Anda mengeluarkan, instruksi “React Native CLI Quickstart” akan diperlukan untuk terus bekerja pada proyek Anda.

Expo CLI mengkonfigurasi proyek Anda untuk menggunakan versi React Native terbaru yang didukung oleh aplikasi klien Expo. Aplikasi klien Expo biasanya mendapatkan dukungan untuk versi React Native yang diberikan sekitar seminggu setelah versi React Native dirilis sebagai stabil. Anda dapat memeriksa dokumen ini untuk mengetahui versi apa yang didukung.

Jika Anda mengintegrasikan React Native ke dalam proyek yang sudah ada, Anda ingin melewati Expo CLI dan langsung mengatur lingkungan bawaan bawaan. Pilih “React Native CLI Quickstart” di atas untuk instruksi mengonfigurasi lingkungan build asli untuk React Native.

Terakhir di perbarui: 21 Juni 2019
Mohon informasikan, kalau misal dokumen ini rusak atau telah kadalwarsa/ tidak berlaku.