OJS - Open Journal Sistem

Apa itu OJS? Apa manfaat dan kegunaannya?

Posted on

Dirujuk dari Panduan Open Journal System pada situs Google, Open Journal System (OJS) adalah platform pengelolaan jurnal ilmiah secara online. OJS memungkinkan pengelola jurnal untuk migrasi dari sistem pengelolaan offline menjadi online. Mulai dari sebuah manuscript dikirim oleh penulis, proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga manuscript tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal, semuanya bisa dilakukan dengan OJS. Oleh karena itu, di samping hemat karena bersifat paperless, penggunaan OJS juga sangat cocok untuk kondisi di Indonesia yang secara geografis sangat luas.

Apa itu Jurnal?

Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Jurnal ilmiah dianggap sebagai sumber informasi primer atau yang paling penting di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal ilmiah berisi kumpulan artikel yang dipublikasikan secara periodik, ditulis oleh para ilmuwan peneliti untuk melaporkan hasil-hasil penelitian terbarunya. Karena itulah, keberadaan jurnal ilmiah merupakan hal yang penting untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tulisan atau artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah, sudah mengalami proses peer-review dan seleksi ketat dari para pakar di bidangnya masing-masing. Proses peer-review ini dijalankan untuk menjamin kualitas dan validitas ilmiah artikel yang dimuat.

Open Journal System (OJS) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dan website. Open Journal System (OJS) meliputi semua aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review (pengkoreksian), pengeditan, publikasi, archives dan indeks jurnal. Open Journal System (OJS) juga membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, dan bantuan menggunakan koresponden.

OJS merupakan software yang dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut.

Fitur-fitur OJS (Open Journal System)

  • OJS diinstal secara lokal dan dikendalikan secara lokal.
  • Terdapat Konfigurasi editor persyaratan, bagian, proses review, dll
  • Pendaftaran online dan pengelolaan semua konten.
  • Modul berlangganan dengan tertunda pilihan akses terbuka.
  • Pengindeksan konten  yang komprehensif yang merupakan bagian dari sistem global.
  • Reading Tools untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor .
  • Email pemberitahuan dan kemampuan  komentar untuk pembaca.
  • Konteks-sensitif lengkap dukungan Bantuan online.

Open Journal System (OJS) menganut prinsip akses berkelanjutan.Sistem ini tidak hanya dimaksudkan untuk membantu penerbitan jurnal, tapi untuk mendemonstrasikan bagaimana cara mengurangi biaya penerbitan jurnal pada poinnya dan menyediakan pembaca dengan “akses terbuka (open access)” pada isi jurnal mungkin merupakan pilihan yang tepat.

OJS membantu setiap tahap proses penerbitan , dari pengajuan sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan halus berbutir penelitian, dan konteks yang  menyediakan untuk penelitian, OJS berusaha untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan penelitian.

Sejarah OJS

Asal mula Open Journal System (OJS). Sistem ini perama kali dimunculkan pada tahun 2002 pada saat penelitian dan perkembangan inisiatif Public Knowledge Project di University of British Columbia, dengan dukungan dari ilmu sosial dan Lembaga Penelitian Masyarakat Kanada, Max Bell Foundation, Pacific Press Endownment, dan Mac Arthur Foundation. Perkembangan berkalanya ditandai dengan kerjasama ntara UBC’s Public Knowledge Project, the Canadian Center for Studies in Publishing dan Simon Fraer University Library.

Manfaat dan Kelebihan

Begitu banyak manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh OJS, apa saja itu? diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat

Dengan Open Journal System (OJS) ini kita dapat mengambil banyak manfaat. Manfaatnya yaitu untuk mengelola jurnal-jurnal yang telah diterbitkan sehingga terarsipkan dengan baik. Selain itu dengan Open Journal System (OJS) dapat mengotomatisasikan proses pengiriman artikel (submission), editing, review dan lain-lain yang terkait dengan pengelolaan jurnal.

Kelebihan

Kelebihan Open Journal System (OJS) dibanding yang lain adalah: ·     Open Journal System(OJS) beroperasi di multiple platform termasuk Windows
·     Open Journal System(OJS) bisa beroperasi dengan webserver
·     Proses instalasi mudah
·     Banyak tersedia dokumentasi

OJS adalah perangkat lunak open source yang tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk lebih jurnal, akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik dalam skala global.

Setelah mempelajari dan mengerti banyak mengenai OJS, semoga kita dapat mengambil manfaat dan menerapkannya untuk mendukung aktifitas akademik kita. Semoga bermanfaat 🙂

Rujukan:
http://raghibnuruddin237.blogspot.com/2013/01/pengertian-open-journal-system.html
https://sites.google.com/site/panduanopenjournalsystem/