Run MySQL XAMPP via XAMPP Shell (MySQL Shutdown Solution)

Seperti hal sederhana tapi penting dan susah dicari, gimana cara nge run MySQL yang dari XAMPP tapi via shell? Bisa? Bisa, saya udah biasa melakukan dari dulu kalau pas MySQLnya kumat shutdown unexpectedly.

Tak kira sampeyan-sampeyan juga sudah sering menemukan hal semacam ini, dan ketika kita googling buat mencari solusi, selalu ada solusi ini itu yang rata-rata antara ngubah port atau balikin backup databasenya. Tapi semua itu kadang bisa seringnya bulshit gabisa menyelesaikan masalah.

Nah, dulu saya biasanya langsung aja direct run MySQLnya via shell. Bisa. Tapi pas mengalami hal serupa, saya lupa scriptnya kek mana, alhasil gabisa-bisa. Ketika googling pun ndak nemu karena kalo kita googling dengan keyword “Run MYSQL vai XAMPP Shell” pasti rata-rata cuma login MySQL, padahal bukan itu yang saya mau, saya mau nge bypas tombol run mysql yang gabisa jalan itu.

Nah, saya ingat ternyata dulu sempet tak simpen di Sticky Notes, kemudian saya coba sync dengan Microsoft Acct saya supaya notes di laptop satunya bisa kedownload, dan kedonlotlah sudah.

Sekarang, mau tak simpen disini, biar sewaktu-waktu dibutuhkan bisa tinggal buka blog, atau barangkali ada yang butuh bisa digunakan juga tuh. Nih:

mysqld –console –skip-grant-tables –skip-external-locking

Caranya, teman-teman buka XAMPP controll panelnya, lalu klik Shell, dan pastekan script diatas disitu:

Atau bisa juga scriptnya dijalankan di CMD atau powershell, nanti otomatis MySQLnya sudah running dan bisa digunakan, lebih praktis to?Nice.