histats

Review: Linkware, satu diantara banyak tools design jaringan

Bismillah…
Bagi anda yang sudah terbiasa berkecimpung di dunia jaringan komputer, tentu tidak asing lagi dengan beragam tools dalam mendesain jaringan. Diantaranya yang populer adal cisco pacet tracer, namun kalau anda tahu sebenarnya Cisco Packet Tracer itu tidak murni untuk desain jaringan, namun lebih kepada simulasi jaringan.
Nah, untuk tools desain jaringan, salah satu diantaranya adalah Linkware. Linkware ini dibuat oleh Grid Technology Ltd. Kali ini saya sempatkan untuk memposting sedikit review tentang tools jaringan yang satu ini. Linkware.

1.       Fitur-fitur LinkWare
a.       Mengimpor data (Importing Data), Kita dapat mengimpor data dari berbagai aplikasi Fluke Networks untuk PC Anda secara otomatis  hanya dengan satu klik sederhana pada toolbar.
b.      Berbagi dengan pelanggan Anda (Share with your customer), Ini mudah untuk menggunakan aplikasi memungkinkan Anda untuk secara elektronik mengarsipkan dan mengelola laporan Anda.
c.       Membuat Proyek (Creating projects), Melacak data hasil tes dengan menciptakan proyek-proyek per situs.
d.      Membuat laporan secara professional, cepat dan mudah, Linkware Software mencetak laporan grafis yang profesional dengan grafik warna yang menggambarkan parameter uji yang diukur. kita dapat memilih parameter mana yang ingin dicetak dan urutan grafik yang muncul.

e.      Antarmuka yang mudah digunakan (Easy-to-use Interface), Linkware mudah untuk dipelajari dan mudah untuk digunakan. Antarmuka pengguna grafis membuat upload data, menyortir, mencetak, dan menyimpan menjadi proses yang sederhana.
f.        dapat melanjutkan informasi yang akurat ini dengan memberikan Linkware kepada pelanggan Anda sehingga mereka dapat men-download hasil Anda dan terus mengelola data mereka.
g.       Mengkonfigurasi Tester Kabel (Configure your cable tester), Software dapat berbicara dengan tester dan melakukan remote pada unit untuk meng-upload perangkat lunak atau untuk memuat tes database. Anda juga dapat mengkonfigurasi tester dengan nama teknisi Anda, nama-nama proyek atau situs pekerjaan dan urutan ID kabel secara otomatis. Ketika Anda memuat perangkat lunak baru ke tester, Anda dapat menyimpan dan mengembalikan konfigurasi yang ada.
2.       Kekurangan LinkWare
a.       Berbayar
b.      Mahal
c.       Tidak terlalu banyak yang menggunakan akan menyulitkan untuk berdiskusi dan mencari tutorial belajar. Namun untuk seorang expert, tidak menjadi masalah.
3.       Kesimpulan
Linkware adalahs salah satu tools yang biasa digunakna dalam desain jaringan. Linkware memiliki banyak sekali kemampuan yang dapat memudahkan kita.
Linkware memudahkan kita mengelola data hasil tes dari beberapa penguji dengan satu aplikasi. LinkWare dapat membuat pengaturan proyek sederhana dengan membantu kita mengatur, mengedit, melihat, mencetak, menyimpan atau hasil tes arsip oleh situs pekerjaan, pelanggan, kampus atau bangunan dengan cepat. Kita dapat menggabungkan hasil tes ke database Linkware,kemudian kita dapat mengurutkan, mencari dan mengatur hasil berdasarkan bidang data atau parameter.Kita dapat mempercayakan integritas data kita untuk diamankan oleh LinkWare karena data apa saja yang di upload ke PC kita dengan Linkware, hanya datang dari memori penguji.

Kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan linkware ini tidak Cuma-Cuma, sehingga harga yang mahal mungkin bagi sebagian orang sesuai dengan fitur yang diberikan. Namun, bagi sebagian orang lain mungkin akan mencari tools lain yang lebih terjangkau.