Menjalankan Composer dengan berbagai versi PHP

Ketika teman-teman bekerja sebagai seorang web developer, tentunya keberadaan bahasa pemrograman PHP dan composer sudah sangat teman-teman kenal. Ada kalanya kita butuh untuk menjalankan composer dengan versi PHP yang dapat kita definisikan, karena apa? Alasan utamanya adalah soal maintenance.

Ketika kita sudah memiliki kewajiban untuk maintenance sistem-sistem lama, atau bekerja dengan pekerjaan lama dan project baru, kita membutuhkan berbagai macam versi PHP untuk menunjang pekerjaan kita.

Karena itu, kita membagi beberapa versi PHP agar bisa berjalan beriringan dengan membedakan portnya, atau mungkin ada juga yang melakukan switch-off sesuai dengan kebutuhan.

Saya sendiri menggunakan PHP 5.6 sebagai default di Xubuntu saya, dan php 7.3 juga 5.2 sebagai alternatif yang saya switch-off melalui LAMPP.

Balik lagi ke topik, jika pertanyaanya apakah mungkin kita menjalankan composer dengan spesifikasi php yang kita inginkan? tentunya sangat mungkin.

Hal ini diperlukan, karena ketika kita melakukan request dengan composer, composer akan melakukan cek apakah versi php yang kita miliki sesuai dengan requirements request kita enggak, ketika tidak sesuai maka request kita akan kena reject, sehingga penting untuk mendefinisikan versi PHP jika berbeda dengan default yang terpasang.

>Misalnya saja, ketiksa saya melakukan request CI4 dengan composer, dimana CI4 berjalan dengan PHP 7 dan default php saya PHP saya adalah PHP 5.6, saya mendapatkan penolakan.

Could not find package codeigniter4/appstarter with stability stable in a version installable using your PHP version 5.6.40.

Lalu bagaimana caranya? Sebenarnya sama saja seperti aplikasi-aplikasi yang lain, semisal Python. Ketika kita melakukan running aplikasi dengan Python 2.7 maka tinggal #python app-name, tetapi ketika kita ingin menjalankan dengan Python versi 3 maka perlu memanggil dengan #python3 app-name.

Hal tersebut dimungkinkan karena path links, symlinks dengan /usr/bin/ sudah terset otomatis ketika melakukan instalasi.

Jika php, mungkin teman-teman bisa mencoba dengan ini:

PHP LINUX

usr/local/php usr/bin/composer install

PHP 7.x LINUX

usr/local/php7.x /usr/local/composer install

PHP Windows

path/to/php.exe composer install

Itu path yang saya miliki, intinya, teman-teman tinggal menyesuikan path PHP dan path composernya.

Itu saja, semoga bisa memberikan manfaat.