Mengelola server on the road cuma dengan HP dan aplikasi Termux

Corona membuat kita kadang-kagang gabisa ngantor dan stay didepan laptop atau komputer terus-terusan. Namun, yang namanya ngurusin web apa aplikasi kadang-kadang kita harus buka server, ngubah configurasi, atau ngubah sedikit source code meski sedang berada di jalan. Nah, kita bisa menggunakan handphone buat mengatasi hal ini dengan aplikasi Termux.

Termux bisa kita ibaratkan sebagai terminal jika di Linux atau di Mac OS. Karena sebenarnya android itu menggunakan kernel Linux, ya kita harusnya sudah familiar dengan perintah-perintah yang bisa digunakan di Termux, karena memang sama persis seperti kita menggunakan terminal di Linux.

Termux itu meskipun jalan selayaknya terminal, namun menariknya temen-temen bisa menggunakan tanpa perlu mengoprek HP temen-temen. Jadi, emulator ini tinggal di install langsung bisa digunakan.

Install Termux di Playstore

Pertama, tentunya temen-temen perlu install Termux. Bisa didownload di playstore atau klik disini.

Connect ke server via SSH

Di termux kita bisa juga konek ke server via SSH, sebagaimana di terminal. Temen-temen bisa langsung mencoba dengan konek ke server dengan username dan password milik temen-temen sendiri.

#ssh root@server_atau_ip

Nanti akan diminta memasukan password, dan sudah langsung masuk ke server. Tentunya, untuk dapat mengakses server ketika kita sedang berada diluar kantor, server haruslah yang memiliki IP Public, agar bisa diakses di jaringan luar. Ketika temen-temen mengakses jaringan lokal, temen-temen perlu berada pada satu jaringan yang sama.

Bagiamana jika server yang ingin diakses berada dijaringan lokal, padahal kita ingin bisa mengakses dari luar kantor? Caranya temen-temen bisa membuat atau meminta akun VPN ke sys admin di tempat temen-temen bekerja. Dengan menggunakan vpn, kita bisa masuk ke jaringan lokal meski melalui jaringain publik.

Setelah masuk ke server lalu apa? Ya terserah temen-temen, tergantung apa yang ingin temen-temen lakukan di server. Melakukan configurasi, atau banyak hal lainnya. Intinya, kita sudah bisa masuk ke server dan sudah bisa melakukan pengoperasian sama halnya ketika di laptop atau PC.