histats

Kenalan Sama AJAX

Bismillah… Kali ini mencatat tentang AJAX. Pada dasarnya lebi untuk mengingatkan saya sendiri :). Sudah mengerti kah tentang AJAX? Nah, buat yang belum mengetahui, dan ingin mengenal apa itu AJAX, dan bagaimana cara dia bekerja, dan juga berlatih menggunakannya, mari belajar bersama. Namun, kali ini saya hanya ingin menuliskan sedikit intro tentang AJAX.

Sebelum kita belajar AJAX, alangkah lebih baiknya kita telah memahami beberapa bahasa pemrograman seperti:

  • HTML
  • PHP
  • Javascript
Karena, nantinya ketiganya akan sangat kita perlukan dalam belajar.

Apakah AJAX 

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML. AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan bahasa pemograman web di sisi server seperti PHP dan ASP, sehingga membentuk suatu aplikasi berbasis web yang interaktif. 
AJAX bukanlah bahasa pemograman baru, tetapi adalahteknik baru untuk membuat aplikasi web 
lebih baik, lebih cepat dan lebih interaktif. 
Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan server dengan menggunakan objek 
XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga server 
web, tanpa harus me-reloadinghalaman web tersebut secara keseluruhan. 

Berikut adalah teknologi yang termasuk dalam aplikasi AJAX : 
  • HTML yang digunakan untuk membuat Web forms dan mengindentifikasikan filed-field yang akan anda gunakan dalam aplikasi. 
  • JavaScript adalah kode inti untuk menjalankanaplikasi Ajax dan untuk membantu memfasilitasi komunikasi dengan aplikasi . 
  • DHTML, atau Dynamic HTML, membantu anda untuk membuat form atau web anda  dinamis. Anda akan menggunakan <div>, <span> dan elemen HTML dinamis lainya. 
  • DOM, Document Object Model, akan digunakan (melaluikode JavaScript) untuk bekerja dengan kedua struktur dari HTML dan XML anda yang dalam beberapa kasus berasal dari server. 
Kapan-kapan belajar tentang XMLHttpRequest, tapi kapan-kapan, hari-hari ini sangat disibukkan dengan tugas kampus jadi kenaannya bener-bener kenalan dulu. 🙂