CodeIgniter 4 akhirnya release versi final!

Hari ini adalah salah satu hari yang dinanti oleh para web developer, kenapa? Karena salah satu framework favorit yaitu CodeIgniter 4 akhirnya rilis versi final. Sebelumnya sewaktu masih versi RC saja sudah banyak yang mencoba kulak kulik, dengan rilisnya versi final ini tentu akan banyak merubah gaya pengembangan di era ini.

Kehadiran CodeIgniter memang bisa dibilang perlu dimasukan dalam sejarah pengembangan aplikasi web. Framework berbasis bahasa pemrograman PHP ini berhasil mengubah habit kebanyakan developer yang semula masih bernaung menggunakan PHP Native akhirnya beralih dengan framework.

Sebelumnya mungkin ada juga framework lain, seperti Cake PHP, dan kini ada juga Laravel. Namun entah kenapa, CodeIgniter bagi saya pribadi sudah memiliki tempat di hati.

Saya berasa tidak sabar menanti waktu rilis ini, karena dengan hadirnya versi final, kita jadi semakin mantab untuk mengembangkan aplikasi produksi dengan CI4. Sebelumnya, ketika masih dalam tahap pengembangan mungkin memang sudah banyak orang yang mencoba-coba, tapi hanya untuk mengenal, karena memang tidak baik untuk menggunakan framework yang masih dikembangkan untuk project beneran, tapi akhirnya hari ini tiba.

Saya juga sudah memulai untuk membuat tutorialnya, teman-teman bisa cek di Channel Youtube saya. Dan, untuk download CI versi 4, silahkan klik disini.