histats

Ceritanya ngisi LDK SMK Muh. Sawangan

SMK Muhammadiyah Sawangan 29 Januari 2016

Gambar: Kampus Ungu, SMK Muhammadiyah Sawangan


Pergantian kepengurusan adalah hal yang mutlak untuk sebuah organisasi. Organisasi tanpa adanya pergantian kepengurusan, tak ubahnya hanya sekedar kumpulan orang yang akan bubar ketika kadernya purna. Maka dari itu, kaderisasi adalah hal yang vital bagi sebuah organisasi.
Begitu pula dengan Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah Sawangan, kaderasi terus dilakukan hingga tahun ini memasuki tahun ke 5. Pengurus baru pun dibentuk guna melanjutkan misi organisasi dan misi persyarikatan.
Dalam usahanya menyiapkan kader yang berkompeten dan tangguh serta mempunyai jiwa leadership, SMK Muhammadiyah Sawangan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada hari Jum’at dan Sabtu, 29 dan 30 Janurai 2016. Keseluruhan pengurus IPM yang baru, yang terdiri dari beberapa siswa kelas 10 dan 11 lengkap memenuhi pelatihan, serta beberapa siswa kelas 12 yang merupakan pengurus lama turut membantu berlangsungnya acara.
Dalam pelaksanaan pelatihan ini pun semua guru turut serta, bahkan sampai sore hari masih terlihat ramai ruang guru dipenuhi guru serta Bapak Drs. Mujiyanta, selaku kepala sekolah. Guru-guru di sekolah ini memang begitu dekat dengan siswa, dan sangat peduli dengan perkembangan anak didiknya. Hal-hal seperti ini yang saya rasakan menjadi khas sekolah-sekolah Muhammadiyah, sangat berbeda sekali ketika saya memasuki sekolah negeri.
Pada kesempatan kali ini, saya selaku alumnus dari SMK Muhammadiyah Sawangan mendapat kesempatan untuk berbagi kepada adek-adek pengurus IPM yang baru.
Gambar: Sebelah kiri itu Drs. Mujiyanta, Kepala Sekolah yang sesuatu banget:D
Saya, adalah salah satu alumnus pertama dari sekolah ini. Dulu, sempat teringat saya bersekolah di gedung Balai Muslimin milik Muhammadiyah ketika sekolah belum membangun gedung sendiri. Saya lulus tahun 2013 di SMK, sekarang 2016 dan perkembangan yang terjadi sungguh sangat pesat. SMK Muhammadiyah Sawangan kini menjadi sekolah yang besar, dan patut dibanggakan.
Saya mendapat jatah untuk berbagi tentang Dinamika Kelompok. Ya memang, beberapa organisasi sudah pernah saya ikuti. Itu pun bermula dari PR IPM sekolah ini, karena waktu itu memang belum ada kepengurusan, kebetulan saya diamanahi menjadi ketua yang pertama.
Terkait materi yang saya sampaikan kepada kawan-kawan di SMK, mungkin tidak jauh beda secara maknawi dengan materi yang tersebar di internet. Namun, saya buat berdasar pengalaman pribadi saya, jadi lebih kepada pandangan pribadi saya. Dan memang, saya tidak menyampaikan materi yang terlalu rumit dan definitif, saya menyampaikan lebih kepada poin-poin untuk dijadikan framework, dan kemudian contoh-contoh yang mudah dipahami.

Untuk Materinya (.ppt) akan saya bagikan dengan link dibawah, namun perlu saya sampaikan, saya bukan tipikal orang yang suka menulis di silde presentasi dengan tulisan penuh seperti koran. Jadi yang nanti dijumpai di slide, benar-benar adalah poin nya. 
Download materi dinamika kelompok yang saya buat: Dinamika Kelompok ppt – by Sutriman