histats

Artikel: Menulis di blog

“Setajam-tajamnya ingatan kita, tetap lebih tajam pena”

Kalimat dr Pak Anang A. guruku di SMK dulu, masih ingat betul aku.
Kalimat yg mudah untuk dipahami sebenarnya, intinya adalah catatlah catatlah catatlah. Karena suatu saat pasti kita akan lupa tentang suatu hal, bahkan hal yang samgat sepele sekalipun.

Seiring berkembangnya tekbologi, istilah catat-mencatat pun semakin elok. Muncul banyak media, salah satu diantaranya blog. Yep, blog. Bukan go-blog.
Selain bisa menjadi catatan, media yang satu ini pun menjadi media sharing pengetahuan. Karena aksesnya yg tidak terbatas alias di dunia sebelah(baca:maya), maka dari pelosok dunia pun dapat mengaksesnya. Siapa saja. Selagi ada perangkat dan jaringan tentunya.

Banyak hal menarik yg dapat kita tarik(bukan teh), dengan banyak keunggulan blog beberapa diantara yg menjadi nilai tambah adalah:

-Berbagi ilmu
Yang namanya ilmu yang terbaik itu adalah ilmu yg diamalkan untuk kebaikan dan dibagikan, segingga orang lain pun dapat nelakukan kebaikan.
Sabda Nabi kita juga sampaikanlah walau pun satu ayat, secara kasar mengarahkan kita untuk berbagi ipmu.

-Catatan
Sekali lagi, tajamnya otak kita itu masih kalah sama pena. Ini berarti kita perlu mendokumentasikan gagasan,perjalanan atau pembelajaran yg kita dapat.

-Blog tidak basah kalo ujan

Kalo nyatet di buku, kan ya ujan basah, buku oenuh dimuseumin, pas dicari lagi ribet. Nah, dengan blog kita mudah banget kalau mau cari catatan lama.

-Latihan Nulis
Nulis itu susah. Yakin dah. Orang yg ndak biasa nulis suruh buat separagraf juga pasti gelisah haha. Nah, padahal bisa nulis itu penting banget. Bermanfaat untuk macam2 dan dalam berbagai hal, secara tidak langsung menulis juga menjadi media belajar dan mempengaruhi gaya berpikir dan berbicara, semakin luas tentunya.

-Media belajar berkehidupan
Bingung? Sebenernya cabangnya latihan nulis. Seperti saya bilang, nulis itu ngelatih bnyak hal. Kita kudu bisa merangkai kata, yang memaksa kita ludu sering membaca,memaksa kita menghargai tulisan orang lain, de el el. Macam2 dah. Banyak banget yg bisa diterapkan dalam kehidupan.

-menghasilkan rupiah atau dolar

Semua juga tau kalo ini mah, tp saya yakin banyak yg blm paham. Saya pribadi ndak terlalu memprioritaskan hal ini. Karena jujur, saya blm lama menulis di blog. Dan belum terlalu gimana gtu sama yg ini. Tapi pengem juga sih haha. Intinya, kita bsa mndapatkan uang dgn banyak menulis di blog, semakin bnyak pengnjung dan kita bsa memasang iklan, mah dr iklan itu kita dapat penghasilan.

Sebetulnya masih buanyak lagi kelebihan atau manfaat yg bisa diambil dengan menulis di blog, menurut saya sih. Tapi karena saya nulis ini di hp jadi pegel juga ngetik panjang2 πŸ˜‚.

Poin lain, saya lihat kita itu sebenernya berbakat menjadi penulis. Semua dari kita. Nampak dari update-an status di fesbuk, juga sosmed yang lain. Apa lagi yang jago merangkai kata untuk sang ehem nya.
Nah, setelah saya cerita ngawur begini, sepertinya yang blm punya blog kudu nyusul segera bikin blog, banyak juga platform yg gratis kaya bloger atau wordpress misal.
Bukannya saya jago, saya masih nyubi juga di blog, baru beberapa postingan juga, tapi apa situ nunggu saya jago? Kan enggak. Kita belajar bareng. Ayo nulis😊

-Sutriman

Ditulis pas malam kelewat pagi, pun di hp, dengan semangat berbagi, dengan sadar dibawah tekanan kepala yang mulai ambyar.
Catatan belajar saya di blog: http://bl0gnotes.blogspot.co.id/

Boleh banget di intip.
Kalau tulisan ndak jelas ini bermanfaat, boleh di share πŸ˜€